UNSUR-UNSUR
ADMINISTRASI
DALAM RANGKA
MEMILIKI TUGAS PADA MATA KULIAH
ADMINISTRASI
DAN SUPERVISI PENDIDIKAN
DOSEN PENGAMPU
:
M. Siddik., S.Pd,M.Pd
Disusun
Oleh
ABD
RAHMAN
NORA
PADLON
NUR
FARIDA
RINI
WAHYU WINASIS
RUSIKHA
Mahasiswa
Semester IV/C/PAI
STAI
AULIURRASYIDIN TEMBILAHAN
2013
KATA
PENGANTAR
Segala puji
bagi Allah dan syukur kehadirat Allah swt yang telah melimpahkan rahmat dan
hidayahnya, sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini. Meskipun dalam
bentuk dan isi yang mungkin belum sempurna
Selawat dan salam selalu tercurah kepada
baginda nabi besar Muhammad Saw, yang telah menyerahkan dirinya untuk
menenamkan tauhid dalam diri ummatnya.
Selaku penulis saya menyadari bahwa masih
banyak terdapat kekurangan baik dari segi penulisan, pengetikan, dan penyusunan
makalah ini, dan penulis juga mengharapkan keritik dan juga saran-saran yang bersifat
membangun.
Akhirnya hanya kepada Allah jualah kita
memohon agar kita senantiasa diridhoi dan semoga makalah Ini bermamfaat serta memberikan ilmu pengetahuan bagi kita
semua. Aamiin.
Tembilahan, Februari 2013
Penyusun
DAFTAR
ISI
KATA
PENGANTAR..................................... i
DAFTAR
ISI........................................ ii
BAB
I : PENDAHULUAN
A.
Latar belakang masalah................... 1
B.
Rumusan masalah.......................... 1
C.
Tujuan penulisan......................... 1
BAB
II :PEMBAHASAN
A.
Pengertian administrasi...................
B.
Unsure-unsur administrasi.................
C.
Devinisi manajemen........................
D.
Hubungan antara administrasi dan
manajemen
BAB
III:PENUTUP
A.
Kesimpulan................................
B.
Saran.....................................
DAFTAR
PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR
BELAKANG MASALAH
Secara sederhana kepemimpinan diartikan sebagai
pelaksnaan otoritas dan pembuatan keputusan(miftah toha, 1988:5) pengetian
tersebut menunjukkan bagaimana seorang pemimpin mampu menggunakan wawasannya
mampu menggunakan kewenangn nya untuk mengerakkan organisasi melalui kepetusan
yang dibuat. Pengertian yang lebih pofuler
menunjukkan pada pola keharmonisan interksi antara pemimpin dan bawahan
sehingga kewenangan yang dimiliki oleh seorang pemimpin diimplementasikan dalam
bentuk pembimbingan dan pengarahan terhadap bawahan.
Dan administrasi merupakan suatu proses yang pada
umumnya terdapat pada semua usaha kelompok Negara atau swasta, militer atau
sipil besar atau kecil dan sebagainya.
B. RUMUSAN
MASALAH
Dari latar belakang masalah diatas penulis merumuskan masalah sebagai berikut :
1. Apa pengertian dari administrasi.
2. Bagaimana prosedur dan unsur-unsur administrasi.
C. TUJUAN PENULISAN
Untuk mengetahui bagaimana penerapan administrasi beserta unsure-unsurnya
dan bagaimana pengintekgrasian admistrasi dalam berbagai bidang usaha, dalam
kontek demikian berarti admistrasi pendidikan akan memadukan berbagai
fungsi potensial dan segenap pungsi
sumber daya lainnya dan mengintekgrasikan sumber daya baik personal maupun
material pendidikan melalui kegiatan pengarahan, pengrahan, pengendalian, dan
pengolahan yang tepat.
|
UNSUR
ADMINISTRASI DAN MANAJEMEN
A. PENGERTIAN ADMINISTRASI
Administrasi pengetian sehari
dalam arti sempit sering disamakan dengan
tata usaha, yaitu berupa kegiatan mencatat dan mengumpulkan data menyimpan suatu kegiatan atau hasil untuk membantu pemimpin dalam mengambil
keputusan.
Sedangkan administrasi dalam
arti luas adalah
1. Suatu proses yang pada umumnya terdapat pada semua usaha kelompok
2. Perencanaan, pengorganisasian, memberikan komando,
koordinasi, dan mengadakan pengawasan.
3. Kegiatan
suatu kelompok yang mengadakan kerjasama untuk menyelesaikan tujuan bersama
4. Bimbingan,
kepemimpinan dan pengawasan dari pada usaha-usaha kelompok individu terhadap
tercapainya tujuan bersama.
Sedangkan pengertian unsur-unsur administrasi
adalah merupakan aktivitas penataan tugas-tugas pokok dari usaha kerja
sama sekelompok orang untuk mencapai tujuan bersama, syarat-syrat administrasi pendidikan:
a. Adanya kerjasama sekelompok orang
b. Adanya penataan atau pengaturan dalam kerjasama tersebut
c. Adanya suatu tujuan tertentu yang igin dicapai dalam
kerjasama tersebut.
|
Tujuan adminstrasi pendidikan
Agar semua pekerjaan yang ada
didalam nya dapat berjalan dengan baik , dengan memepergunakan semua pasilitas
yang ada didalamnya seefektif dan
seefsien mungkin guna apencapaian tujuan pendidikan
B. UNSUR-UNSUR ADMINISTRASI
1. Adanya usaha atau aktifitas sekelompok manusia yang
terdiri dari dua orang atau lebih
2. Adanya organisasi atau wadah kerjasama
3. Adanya
perencanaan, bimbingan, kepemimpinan, koordinasi dan pengawasan.
4. Adanya
tujuan
5. Adanya peralatan dan perlengkapan
Sedangkan menurut beberapa ahli
mengajukan beberapa unsur administrasi diantaranya
Ø Planning
(perencanaan)
Merupakan keseluruhan proses pemikiran
secara matang atas beberapa hal yang akan dikerjakan dimasa yang akan dating
untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Ø Organizing
(pengorganisasian)
Keseluruhan proses pengelompokan
orang-orang, alat-alat, tugas-tugas tanggung jawab dan wewenang sehingga
tercipta suatu organisasi yang dapat diperaktekkan sebagai satu kesatuan dalam
rangka pencapaian tujuan yang telah ditentukan.
Organisasi sebagai salah satu unsur administrasi
yang menunjukkan adanya satu proses peralatan , pengaturan, penyusunan, dan
pembagian kerja.
Tujuan
pengorganisasian:
1. Mempermudah
pelaksanaan
2. Mempertinggi
kerjasama
3. Mempermudah
dalam pengawasan terhadap pekerja oleh bawahan
4. Menciptakan
hubungan yang baik
5. Agar
seluruh personol dapat memberikan kontribusi
Ø Coordinating
(pengkoordinasian)
Kegiatan untuk membawa orang-orang,
tujuan-tujuan, bahan-bahan, pemikiran dan alat-alat dalam kerjasama yang
harmonis agar bekerja secara efektif, dan agar
tidak tumpang tindih.
Ø Recording(pencatatandanpelaporan)
Yaitu kegiatan untuk melakukan
dokumentasi atas segala kegiatan yang dilakukan dan hasil yang diperoleh untuk
memebantu pemeriksaan dan mempermudah pelaporan.
Ø Budgeting
(pembiayaan)
Pembiayaan merupakan anggaran ang diperlukan untuk menjamin
kelangsungan dan kelangsungan dan kelancaran uasaha yang telah direncanakan
agar berjalan sesuai rencana yang telah
dietepkan.
C. DEFINISI
MANAJEMEN
Definisi manajemen dapat diartikan
sebagai berikut :
1. Ketatalaksanaan
proses penggunaan sumber daya secara efektif untuk mencapai sasaran tertentu.
2. Kemampuan
atau keterampilan untukmemperoleh satu hasil dalam rangka pencapaian tujuan
melalui kegiatan-kegiatan orang lain
3. Segenap
pertbuatan mengerakkan sekelompok dan menggerakkan fasilitas dalam satu usaha
kerjasama unruk mencapai tujuan tertentu
Memahami berbagai definisi manajemen dapat ditarik
kesimpulan, bahwa pada pokoknya manajemen adalah satu proses atau kegiatan atau
usaha pencapaian tujuan tertentu melalui
kerjasama dengan orang lain, dan dapat pula dikatakan bahwa menajemen merupakan
inti dari pada administrasi.
Apabila dilihat dari segi
pungsional administrasi mempunyai dua
tugas utama yaitu :
1. Menentukan tujuan menyeluruh yang hendak dicapai
2. Menetukan
kebijaksanaan umum yang mengikat seluruh organisasi.
Sebaliknya manajemen pada hakeketnya berfungsi untuk
melakukan semua kegiatan-kegiatan yang perlu dilaksanakan dalam rangka
pencapaian tujuan dalam batas-batas kebijaksanaan umum yang telah ditentukan
pada tingkat administrasi.
Sebagaimana telah diuraukan diatas, administrasi adalah proses
penyelenggaraan kerja untuk mencapai satu tujuan yang telah ditetapkan . kerja dapat terselenggara dengan baik sehingga tujuan yang yang dikehendaki dapat
tercapai, dan masalah orang yang menyelenggarakan kerja untuk mencapai tujuan
inilah yang menjadi masalah pokok dari pada manajemen, karena intisari dari
pada manajemen adalah satu proses atau
usaha dari orang-orang secara kerjasama untuk mencapai satu tujuan yang telah
dietepkan.
BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN
Dalam
rangka mewujudkan tujuan pendidikan,
kegiatan disekolah harus ditunjang oleh peleyanan administrasi sekolah yang
teratur dan terarah dan terencana sehingga dapat menunjang penyelenggaraan
proses belajar mengajar yang pada akhirnya dapat meningkatkan mutu pendidikan.
Jadi administrasi adalah penyelenggaraannya dan manajemen adalah orang
yang menyelenggarakan kerja, maka kombonasi dari keduanya adalah penyeleggaraan
kerja yang dilakukan oleh orang-oramg secara bersama-sama untuk mencapai suatu
tujuan yang telah ditetapkan.
|
DAFTAR
PUSTAKA
H.moch. Anwar Indochi, (2003), Administrasi
Pendidikan dan Manajemen Pendidikan,
Bandung: Alfabeta.
Thoha Meftah, (1990), Aspek-aspek Pokok Ilmu
Administrasi, Jakarta: Ghalia
Indonesia.
Bayugbekonomos.
Wordpress.com/anda-tertarik/artikel-ekonomis/administrasi dan manajemen/
Belajar psikologi. Com / pengertian-manajemen-pendidikan/
Geen opmerkings nie:
Plaas 'n opmerking